88 music

Jumat, 13 Agustus 2010

OTAK KANAN OTAK KIRI

Banyak pendapat tentang otak, di mana biasanya otak sibagi atas 2 bagian yang orang umum ketahui, yaitu otak kiri dan otak kanan saja. Tapi tahukah anda bahwa sesungguhnya ada yang di sebut dengan otak tengah dan otak tengah ini sangat berguna apabila di latih dengan bertahap. Sedangkan tipe otak kanan dan otak kiri cenderung kearah matematis ataupun gambar. Otak yang kita punyai ini merupakan karunia yang sangat besar dari Allah S.W.T, daya otak ternyata akan lebih mudah untuk di rangsang dengan hal yang berbau warna dan gambar. Karena biasanya orang lebih tertarik dengan yang berwarna dan itu terbukti. Dengan warna juga otak dapat mengingat dalam jangka panjang. Orang tua yang ingin mengajarkan anaknya sebaiknya mulailah untuk mengajarkan mereka dengan gambar, atau bisa juga mengajarkan mereka dengan membuat mind mapping. berikut sedikit penjelasannya:


OTAK KANAN



Otak kanan lebih cenderung kearah Imajinasi, daya khayal, lagu atau musik, dan simbol. Orang-orang yang menggunakan otak kanan biasanya akan cenderung ke seni, karena otak kanan sangat mendukung dalam hal tersebut. Tapi bukan berati otak kanan tidak unggul dalam akademis, orang yang bertipe otak kanan biasanya menyesuaikan kemampuannya sambil mengasah otak kirinya, karena keseimbangan antara otak kanan dan otak kiri yang dicari. Orang yang bertipe seperti ini bisa menggabungkan berbagai pekerjaan secara sekaligus dan pemikirannya luas. Bahkan Para Seniman hebatpun lebih banyak menggunakan otak kanan mereka untuk membuat suatu seni yang bisa di kenang. dengan kemampuan otaknya yang demikian memungkinkan seorang yang bertipe otak kanan dapat menggambar hal yang kompleks (rumit). Bagi orang ini kesatuan yang lebih penting. Di Indonesia orang yang bertipe otak kanan dalam jenjang Sekolah Menengah Atas akan lebih menjurus ke arah Pengetahuan Sosial. ini adalah beberapa contoh lukisan yang mengarah ke otak kanan:


Lukisan mengandung arti tersendiri untuk pelukisnya yang diatas adalah karya pelukis indonesia.

 Lukisan yang menggambarkan situasi dimana Indonesia masih dalam masa penjajahan Belanda


OTAK KIRI


Dalam pembahasan otak kiri yang lebih cenderung kearah matematis, angka, logika, analisis,dan bahasa verbal. Orang yang bertipe otak kiri biasanya hebat dalam akademis, dan konon para ilmuwan hebat sering menggunakan otak kiri mereka dalam beraktivitas, tapi untuk masa kini tidaklah cukup menguasai satu hal, bener ga? keseimbangan yang paling banyak dicari dari diri seseorang. Urutan angka bagi seorang yang bertipe otak kiri lebih menarik di bandingkan dengan gambar yang belum tentu bentuknya (abstrak). Orang ini mempunyai tipe pemikiran yang berurut mulai dari 1 sampai seterusnya dan dari A sampai Z. Pola pikir mereka lebih mendekatkan kearah yang nyata, mereka adalah tipe-tipe orang yang mudah menerima sesuatu bila sudah di buktikan misalnya 1 + 1 = 2. Kemampuan otaknya pun memungkinkan mereka untuk mengingat urutan motorik yang kompleks (rumit). bagi orang ini perbedaan lebih penting. Di Indonesia orang yang bertipe otak kanan dalam jenjang Sekolah Menengah Atas akan lebih menjurus ke arah IPA. Contoh

 Orang percaya apabila sudah ada pembuktian yang real (nyata) bukan yang mengada-ada. Dan mereka umumnya suka menyelesaikan masalah yang rumit sekalipun seperti yang di bawah ini.











untuk pembahasan Otak tengah akan di lanjutkan di kesempatan berikutnya... TERIMA KASIH..



Tidak ada komentar: